Beranda » Fiqih » Tata Cara Memandikan Jenazah

Tata Cara Memandikan Jenazah

T Diposting oleh pada 27 May 2016
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 242 kali

002. memandikan jenazah

Oleh: Ust. Eldi Herlani

Dalam memandikan jenazah, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Diletakan jenazah di tempat pemandian yang sudah disediakan, ditutup kain dan pakaian mayat diganti dengan dengan basahan panajang atau kain sarung agar auratnya tidak mudah terbuka. Dan orang-orang yang masuk ke tempat mandi adalah orang-orang yang berhak memandikan dan orang yang mengurus keperluan mandinya.
  2. Dibersihkan dahulu segala macam kotoran dan najis yang melekat pada badannya. Lalu ratakan siraman air keseluruh tubuhnya.
  3. Diurut perutnya, ditekan dengan perlahan agar keluar kotoran yang mungkin masih ada di dalamnya, agar jangan keluar lagi sesudah dikafani.
  4. Dengan menggunakan sarung tangan untuk membersihkan kemalulan si mayat tanpa disentuh dengan tangan, karena memegang kemaluan orang lain hukumnya haram. Dibersihkan pula mulutnya, hidungnya, serta telinganya. Dicuci kepalanya, janggutnya dan rambutnya, kemudian badan sebelah kanan dan sebelah kirinya.
  5. Lalu diwudhlukan seperti wudhlu untuk sholat.
  6. Disiram berkali-kali dengan jumlah ganjil.
  7. Memulai atau mendahulukan bagian-bagian angora yang kanan dan anggota-anggota wudhlu.
  8. Penyiraman dilakukan tiga tahap: Dengan air bersih dan dingin, Dengan air sabun pengganti daun bidara, Dengan air yang dicampur dengan sedikit kapur barus dan air mawar.
  9. Dimandikan 3 kali tau 5 kali atau lebih dengan air dan daun bidara dan kapur barus diakhirnya.
  10. Kalau mayat laki-laki hendaklah laki-laki pula yang mendandikannya, kecuali istri dan mahramnya, begitu pula mayat perempuan, hendaklah dimandikan oleh perempuan kecuali suami dan mahramnya. Jika sama-sama hadir suami dan mahramnya, maka suamilah yang berhan untuk memandikan istrinya, begitu juga jika hadir istri dan mahramnya, maka istri berhak memandikan suaminya.
  11. Selesai dimandikan, mayat diangkat dan siap untuk dikafankan dengan kain kafan yang sudah disiapkan.

Belum ada Komentar untuk Tata Cara Memandikan Jenazah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Tata Cara Memandikan Jenazah

iman

Iman adalah Mutiara

T 16 June 2016 F , A Suyana Smart

Iman itu perkara hati yang tak terlihat mata, namun cirinya terlihat lewat amalan raga. Maka yang shalat, puasa, berhijab, belum tentu beriman. Tapi yang beriman pasti shalat, puasa, dan auratnya ditutupkan. Karena iman itu pengakuan, yang mewajibkan adanya pembuktian, maka... Selengkapnya

009. Keistimewaan-Bulan-Ramadhan

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan yang Disebutkan dalam Al-Quran dan Hadits

T 8 June 2016 F , , , A Ust. Eldi Herlani

Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan memiliki banyak keutamaan dibanding dengan 11 bulan lainnya. Salah satunya menjadi bulan saat diturunkannya Al-Quran untuk pertama kalinya. Dalam rangkaian ayat-ayat yang berbicara tentang puasa, Allah menjelaskan bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Dan... Selengkapnya

shalat jum'at

Hikmah dan Keutamaan Sholat Jum’at

T 10 June 2016 F , , A Suyana Smart

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Segala puji bagi Allah Rab semesta alam, shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Rasulullah y, beserta para keluarga, sahabat, dan orang-orang yang tetap istiqomah menegakkan risalah yang dibawanya hingga akhir zaman.. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai program/kegiatan kami.

PONPES CENDEKIA DAARUL MUHSININ

HUBUNGI KAMI

Jl. Kesadaran RT.03/09 Kel. Sukmajaya Kec. Sukmajaya Kota Depok 16412.
Telp./WhatsApp.0856-1304-791
BBM. 5a5535ec
email: cendekia.daarulmuhsinin@gmail.com
website: www.daarulmuhsinin.com

Langganan Artikel Islami

Masukan email Anda disini !!!

Close
Assalamu'alaikum ... (^_^)

Salam santun kami ucapkan kepada pengunjung situs ini. Semoga keberkahan senantiasa mengiringi langkah kita. Untuk berlangganan berita terbaru seputar kajian islami silakan masukan email Anda disini.


by Sharp Coders